Dzakwan Achsan Taher, siswa kelas 3D SD Al Falah Darussalam itu baru saja meraih penghargaan sebagai juara 1 Lomba Tahfidz Juz 30 yang diadakan oleh Yayasan Pondok Yatim Ar Raudhoh yang berlokasi di jalan Dr. Soetomo No 20, Tropodo Kulon, Tropodo, Kec. Waru, Kab. Sidoarjo. Lomba tersebut diadakan dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1443 H dan HUT RI ke-76. Mengusung tema “Raih Keberkahan melalui Al Quran sebagai Wujud Mensyukuri Nikmat Allah”.

Dzakwan, nama panggilan kesehariannya terlahir dari seorang ayah yang bernama Sobirin dan Ibu yang bernama Achsanul Istiqomah. Sejak kecil dia gemar mengaji. Selain itu juga menyenangi bahasa Arab. Dzakwan sendiri telah lulus Al-Quran dan Ghorib. Sekarang dia sedang menjalani pembelajaran Tajwid. Kegemarannya murojaah setiap malam mengantarkan dia meraih juara 1 dalam lomba itu. Dia membawakan Surah Ad-Dhuha dengan sempurna. Lagu dan suaranya sangat mirip dengan qori Hafidz Indonesia. Itu berkat kecintaannya pada Al-Quran.

“Suatu malam saya pernah membaca quran surah Al-Baqoroh sebanyak 4 lembar. Dan beberapa surah lainnya. Doakan saya menjadi Imam Masjidil Haram kelak saat dewasa,” tutur Dzakwan kepada wali kelasnya.

Animo masyarakat terhadap lomba Tahfidz itu sangat tinggi. Peserta mencapai lebih dari seratus dari berbagai kota di Indonesia. Sehingga panitia lomba merasa perlu untuk membatasi jumlahnya menjadi hanya seratus saja. Terdiri dari jenjang TK, SD dan SMP. Sebagai juara 1 dari jenjang SD, Dzakwan meraih total nilai tertinggi yakni 99. Dia berhak membawa pulang hadiah uang pembinaan, buku Ta’lim Al Mutaallim, piagam penghargaan dan sertifikat.

Dewan juri yang menilai terdiri dari ustad Drs. H. Ahmad Ali Masykuri, ustad Feri Siswanto Al Hafidz (peraih juara MTQ), dan ustadzah Masunah (hafidzah) selaku guru Tahfid Al Falah Darussalam. Penilaian itu meliputi fasohah, tajwid, lagu dan suara. Apabila ada nilai sama, maka diambil jumlah like terbanyak yang ada di akun instagram. Selamat kepada Dzakwan. Semoga menginspirasi anak-anak lainnya! Amin Ya Rabbal’alamin.

0 Thoughts on “Cinta Al-Quran Mengantarkan Juara 1 Lomba Tahfidz Juz 30”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *