Parenting adalah pola asuh orang tua atau pola pengasuhan anak. Parenting bukan hanya berfokus pada hal-hal yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan orang tua saat mendampingi tumbuh kembang anak, namun termasuk dengan pemahaman kapan orang tua melakukan hal-hal tersebut dan kapan harus berhenti. Dengan harapan mengoptimalkan capaian tumbuh kembang anak, istilah parenting sering dimunculkan dalam pembahasan tumbuh kembang anak. Dari sinilah banyak ditemui kegiatan parenting yang malah lebih fokus membahas standar tumbuh kembang anak daripada membahas sikap orang tua terhadap anak. Namun hal tersebut tidak terjadi pada kegiatan parenting yang dilanjutkan dengan sesi Sharing Perkembangan Tengah Semester 1 di KB-TK Al Falah Darussalam Tropodo.

Kegiatan parenting dihadiri oleh para orang tua siswa KB Al Falah Darussalam Tropodo dan dipimpin oleh Kepala Sekolah KB Al Falah Darussalam yaitu Ustadzah Amiliyah Nur Idah, S.Pd. Kegiatan ini dilaksanakan sebelum sharing perkembangan dengan tujuan agar para wali peserta didik sudah memahami dasar-dasar pola asuh yang merupakan pengaruh besar dalam pertumbuhan dan perkembangan anandanya. Dengan begitu, orang tua dapat merefleksi diri saat sesi sharing perkembangan tengah semester 1 dengan wali kelas masing-masing. Namun, refleksi parenting saat sharing perkembangan kali ini berbeda. Ustadzah mengajak orang tua untuk melihat sejauh mana perkembangan ananda dengan mengisi angket Google Form berisi indikator perkembangan anak. Kemudian dari angket tersebut, orang tua segera mendapatkan balasan rangkuman perkembangan ananda. Kegiatan ini bertujuan untuk memperjelas sejauh mana tahapan yang dicapai ananda sehingga orang tua mampu menyesuaikan sikap sesuai perkembangan ananda. Selain itu, rangkuman perkembangan tersebut juga menjadi acuan pihak sekolah dalam menentukan stimulasi yang lebih sesuai serta membantu menstimulasi tahapan yang belum tercapai.

Alhamdulillah, respon orang tua sangat antusias saat mengisi form tersebut karena langsung mendapat rangkuman hasil capaian perkembangan anandanya. Setelah berlangsungnya acara, para orang tua menyampaikan kesan dari kegiatan ini. Banyak diantaranya merasa sangat terbantu dengan adanya parenting ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *