Pramuka Siaga Berbagi untuk Kaum Duafa

Tepukan berirama tepuk Pramuka yang berjumlah 13 tepukan riuh terdengar di lapangan SD Al Falah Darussalam pada pagi hari, Jumat 19 November 2021.  Suasana itu sangat dirindukan para pegiat Pramuka. Kegiatan pesta siaga Kwartir ranting Waru dengan tema “Siaga berbagi, berbakti tanpa henti dalam Pandemi Covid-19” dikomandani oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo dan  dilaksanakan serentak mulai pukul 07.30 kwartir ranting di setiap kecamatan se-Kabupaten Sidoarjo.

Kegiatan diawali dengan upacara yang dipimpin oleh Korwil Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Waru (Ibu Sri Widanarti, S.Pd,.MM) selaku Ka Kwarran Waru di dampingi Sekretaris Ka Kwarran Waru ( bapak Drs. Misbahul Munir ) Kepala Sekolah SD Al Falah Darussalam ( Ustadz Jumain, S.PdI,M.PdI), Kepala Sekolah SD Al Falah Darussalam 2 ( Ustadzah Juniati, S.Pd ) dan beberapa Pembina pramuka di kecamatan Waru. Dalam sambutannya ibu Ka Kwarran Waru berpesan kepada peserta upacara agar selalu bisa mensyukuri kondisi kita saat ini. Beliau menuturkan bahwa banyak saudara kita yang terkena dampak Covid-19. Untuk itu, mari berbagi walaupun hanya dengan sebungkus nasi.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan Jum’at Berkah, yakni membagikan nasi bungkus kepada para tukang becak, pemulung dan kaum du’afa di sekitar SD Al Falah Daruslam. Kaum Duafa banyak terlihat pada setiap Jumat. Mereka biasa berkumpul menanti para dermawan yang akan membagikan nasi bungkus.

Peserta upacara dan pembagian nasi bungkus itu dikuti 40 siswa dari berbagai sekolah di Kecamatan Waru dengan tujuan untuk melatih empati dan kepekaan social para siswa dalam menghadapi kondisi pandemi Covid-19 yang sangat berdampak pada masyarakat . Harapannya kegiatan itu akan terus bisa terlaksana dan berkembang bukan hanya sebungkus nasi, tetapi bisa lebih untuk membantu saudara-saudara yang sangat membutuhkan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *